Hanya arsip

halaman asli ada di http://kolom-tutorial.blogspot.com

Tips Atasi Error Hasil Copy Paste Kode Dari Posting WordPress

Dua hari yang lalu, ada pertanyaan yang masuk ke postingan Yang ini. Pertanyaan seperti ini :

aneh, sewaktu aku menambahkan tag script di template supa menampilkan read more githu deh di blog, bloger bilang ada kesalahan,

Dia bilang seperti ini : maafkan kami, kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini, kirimkan kode error berikut untuk menyelesaikan masalah anda.

kode itu dikirim kemana ? Kenapa hal itu terjadi

Saya menambahkan scriptnya itu dari disini dan setelah aku simpan, terjadilah kesalahan itu.

Menurut yang berpengalaman, bagaimana menyelesaikannya

http://genalmadep.blogspot.com

makasih sebelumnya

Hayoh kenapa bisa error? begini nih ceritanya… sebenarnya mas fatih sendiri sudah menerangkan di akhir postingannya yaitu seperti ini :

Itu artinya tanda petik / kutip buka tutup (quote/unquote) yakni tanda ‘ dalam kode tidak cocok dengan font template. Yang perlu dilakukan adalah buang tanda kutip [‘] itu dan kasih tanda kutip yang baru di tempat yang sama. Dan coba klik lagi SIMPAN

Akan tetapi ternyata masih tetap ada yang belum paham, ini terbukti dengan adanya pertanyaan yang seperti tadi di atas, Untuk itu kang rohman akan mencoba sedikit mengulasnya dan tentu saja dengan pandangan dan bahasa kang rohman sendiri. Namun sebelumnya saya mohon maaf untuk mas fatih guru ngeblog saya, bukan bermaksud untuk so so an pamer kepandaian namun hanya bermaksud berbagi informasi kepada teman-teman yang lain yang belum mengerti.

Kembali kepada pertanyaan di atas, kenapa sampai ada pesan error dari blogger? itu karena anda meng copy paste kode dari postingan blog yang menggunakan mesin WordPress bukan dari postingan blog yang menggunakan mesin Blogger. Lho… ko ada apa dengan mesin worpress. Begini, antara mesin wordpress dengan blogger tentu saja ada perbedaan, begitupun dengan mesin posting nya. Jika anda menuliskan kode atau script semisal HTML ataupun javascript di dalam postingan, maka tanda kutip satu ( ‘ ) ataupun tanda kutip dua ( ” ) akan secara otomatis di ubah. Apakah terlihat perubahannya? perubahannya tidak terlalu terlihat namun memang ada. tanda kutip yang asli bentuknya hampir tegak lurus dan kalau yang sudah di ubah, bentuk tanda kutif akan terlihat miring.

Kenapa hanya di karenakan bentuknya yang miring tapi fatal kejadiannya? tentu saja ini fatal, karena tanda kutif yang sudah di ubah oleh mesin posting wordpress tadi tidak di anggap atau bukan bagian dari bahasa perintah suatu script. Bagaimana cara mengantisipasinya? cara menantipasinya adalah tentu saja anda harus mengubah tanda kutip yang ada pada kode hasil dari copy paste dengan tanda kutip yang baru, berikut adalah ilustrasi dengan memakai bantuan gambar :

kode

Jika anda cermati gambar di atas, terlihat bahwa kode script hasil dari copy paste, tanda kutipnya terlihat bengkok-bengkok dan tanda kutip yang sudah di perbaiki terlihat tekag lurus. Sedikit tips dari kang rohman untuk lebih mempercepat penggantian tanda kutip tersebut adalah dengan menggunakan fasilitas replace, caranya adalah seperti ini :

  1. Copy paste kode yang mau di ubah ke dalam notepad.
  2. Klik menu Edit yang ada di bar menu bagian paling atas. Setelah keluar option pilihan, pilih Replace….
  3. replace option

  4. Copy tanda kutip dua ( “ ) yang ada (yang mau di ubah), kemudian paste pada kolom find what (ingat! harus di copy paste, jangan di ketik). Ketik tanda kutip dua ( ” ) secara manual dari keyboard anda pada kolom Replace With. Kemudian klik pada tombol Replace All, maka secara otomatis seluruh tanda kutip dua ( “ ) akan di ubah semuanya dalam hitungan detik saja.
  5. replace all

  6. Ulangi langkah di atas untuk tanda kutip satu ( ‘ ).
  7. Selesai.

Perlu di perhatikan pula bahwa hasil pengubahan oleh mesin wordpress tersebut mengubah tanda kutip satu (‘) dan kutip dua ( ” ) menjadi dua bentuk yaitu berdiri dan terbalik ( silahkan perhatikan benar-benar kodenya ), sehingga ketika melakukan langkah di atas anda harus melakukan unutk ke empat bentuk tersebut.

Langkah di atas bisa lebih mempersingkat kerja anda, karena walaupun tanda kutip berjumlah ribuan akan di ubah secara otomatis hanya dalam beberapa detik saja. Langkah selanjutnya tentu saja adalah kode yang di ubah sudah siap untuk di pasang pada template anda.

Buat anda pengguna wordpress.com yang suka menuliskan kode atau script di dalam postingan, agar terhindar dari hal yang tidak menyenangkan karena pembaca anda banyak yang berkomentar mengalami kegagalan ketika mengcopy paste kode dari anda, alangkah baiknya menyimpan script yang asli pada server lain semisal google pages. Misalkan di dalam postingan anda terdapat kata-kata seperti ini : kode lengkapnya bisa anda copy paste di sini!. Atau jika anda menggunakan mesin wordpress dengan hosting sendiri, anda bisa menggunakan plugin IG Syntax agar bisa menampilkan kode atau script langsung di dalam postingan anda.

Selamat mencoba.

26 Juni 2008 - Posted by | blog tutorial, blogspot tutorial

12 Komentar »

  1. horeeeee pertama! beberap abulan aku tunggu tunggu menjadi yg pertama tak pernah kesampaian. horeeee hidup kang rohman!

    Komentar oleh cewek_culun | 26 Juni 2008 | Balas

  2. yah memang seperti itu banyak terjadi kangrohman tapi alhamdulilah selama ini saya masih lancar saja ntar kalau ada yang susah baru deh curhat ma kang rohman heeeee

    Komentar oleh noval | 26 Juni 2008 | Balas

  3. ya kalah sama cewek culun dan noval.. Tapi biarlah.. Biar saya tetap berteriak KETIGAXXXX.. heuheee.

    Postingan ini menjadi satu lagi pembelajaran bagi saya (yg awam) bahwa bahasa setiap provider itu berbeda. Dapat dilihat dari hanya tanda (‘).

    Komentar oleh bani risset | 27 Juni 2008 | Balas

  4. wah kren kang..eh kalo kang rohman berguru dengan afatih om malah beguru dengan kang rohman pertama kali ngeblog hihihii

    Komentar oleh OOM | 27 Juni 2008 | Balas

  5. asoy deh…ilmu baru lagi nih…
    thanks kang rohman…

    Komentar oleh Syahuri | 27 Juni 2008 | Balas

  6. Wah aku malah punya dua guru pas pertama ngeblog , ya kang rohman dan Oom lah, yang punya segudang tutorial tentang blogspot he.he..

    Komentar oleh Eko Priyanto | 27 Juni 2008 | Balas

  7. wah… si akang aspiratif banget niyyy…. ada yg nanya…. langsung dibuatin tutorialnya… emang si akang… kakeknya blog… yg baek ama cucunya…. hiks…hiks…

    Komentar oleh masenchipz | 27 Juni 2008 | Balas

  8. Yupz…bener banget tuh kang….wordpress emang kayak gitu

    Komentar oleh MIzwar | 28 Juni 2008 | Balas

  9. assalamu’alaikum
    kang boleh nanya’ ga’ gimana sih buat fixed footer padahal aku ingin sekali buat fixed footer, oya ada yang ingin aku tanyain, kang rohman belajar bahada pemrograman dimana sih, terima kasih mohon dibalas ke alif.mabruri@gmail.com
    wassalamu’alaikum wr.wb

    Komentar oleh Alif Mabruri | 28 Juni 2008 | Balas

  10. test..test

    Komentar oleh Anonymous | 28 Juni 2008 | Balas

  11. klo aku lain lagi gka peduli ada error gitu kang b-(

    Komentar oleh Gunawan | 5 Juli 2008 | Balas

  12. mas, klo pengen ngilangin kutip yang berasal dari database gmn yah?
    soalnya data dari database ada yang pake kutip, jadinya javascriptnya ga jalan.
    pengennya sebelum tanda kutip, di selipin \ jadi ga error.
    hatur nuwun

    Komentar oleh aageboi | 8 September 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: