Hanya arsip

halaman asli ada di http://kolom-tutorial.blogspot.com

Membuat Background Posting Berbeda-beda

Heuheuheu…. gara-gara kang rohman sedang hoby main game di kompi, trus
blogger kadang bisa di akses kadang tidak, akhirnya lupa dech ama yang namanya ngeblog,
berkunjung ke blog sendiripun hanya beberapa detik saja dan sehabis itu ya udah
tak biarin aja..mau yang nyapa, komen atawa nanya kang rohman cuekin aja…. lagi males soalnya.

Namun mesti begitu akhirnya kang rohman maksain juga deh bikin tulisan, biar tidak
terlalu basi nih tulisan di blog ini, setiap di buka pasti isinya sama. Sambil menggeliat (Hhhuuuuaaaaahhh
ngannnntuuuucckkkk), kang rohman mencoba menjawab pertanyaan yang di sampaikan beberapa waktu yang lampau.
Pertanyaannya yaitu bagaimana agar setiap posting bisa berbeda-beda backgroundnya, biar ada
variasi sehingga tidak monoton dan membosankan.

Emangnya bisa backround posting beda-beda? ya bisa aja atuh, caranya gampang ko, tidak sesulit
yang di bayangkan, tinggal bikin style nya trus mau di apain juga bisa.

Dalam membuat background ada dua alternatif yaitu membuat background dengan warna
dan membuat background dengan bantuan gambar, khusus untuk background
dengan gambar terbagi lagi ke dalam beberapa teknik yaitu background gambar dengan teknik repeat
(ada repeat, repeat-x, repeat-y) dan background gambar dengan teknik no-repeat (gambar backgroundnya memang ukuran besar).
Untuk teknik-teknik ini mungkin lain kali saja deh, kangrohman nya sedikit bad mood nih, mending
sekarang yang singkat aja deh.

Membuat background dengan warna

Agar warna background postingan bisa berbeda-beda setiap postingan, anda perlu melakukan
:

Ketika anda akan memulai untuk membuat postingan, pilih tab Edit HTML jangan pilih Compose.
Awali postingan anda dengan kode seperti ini :



<div style="background:kode_warna_disini;">

Dan diakhir postingan, harus di tutup dengan kode seperti ini :



</div>

Ganti tulisan kode_warna_disini dengan kode warna yang anda inginkan. Sedikit tips
yang masih bingung dengan kode warna, silahkan baca di sini.

Karena kode ini merupakan Style dari CSS, maka tentu saja bukan hanya warna background yang bisa
anda tentukan, warna hurup, jenis hurup, perataan posting, dan lain-lain pun bisa anda tentukan. So,
yang pasti postingan anda akan bervariasi dan tidak terkesan monoton (monoton TV apa monoton Film ye?).
Sebagai contoh, jika postingan anda ingin berwarna background abu-abu, tulisan bisa rata kiri-kanan,
besarnya hurup 120% dan padding sebesar 10 pixel :



<div style="background:#D9D7D7; text-align:justify; font-size:120%">

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.

</div>

Hasilnya akan seperti ini :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.

heuheuheu.. gampang banget kan? kang rohman bilang juga apa, sok di coba atuh biar seru.

Membuat background dengan Gambar

Nah jika postingan anda ingin mempunyai background berupa gambar, langkah pertama yang harus di ingat
yaitu anda harus punya gambar yang akan di jadikan background (bahasanya ko bolak-balik dekok begitu yach?).
Trus gambar tersebut harus di upload ke hosting tempat menyimpan gambar. Bingung cara upload gambar
ke hosting gratisan? ya udah baca dulu postingan kang rohman yang di sini, di sini, dan
di sini juga.

Ketika anda akan memulai untuk membuat postingan, pilih tab Edit HTML jangan pilih Compose. Awali postingan anda dengan kode seperti ini :



<div style="background:url(alamat_gambar_disini) no-repeat;">

Dan diakhir postingan, harus di tutup dengan kode seperti ini :



</div>

Ganti tulisan alamat_gambar_disini dengan alamat gambar yang ingin anda tampilkan.
Penggunaan kode no-repeat tentu saja apabila gambar yang anda miliki memiliki ukuran
besar dan tidak mau di tampilkan berulang-ulang.

Seperti halnya pada background dengan warna, kode inipun bisa anda tambah-tambahin sesuai dengan keinginan.

Sebagai contoh, saya ingin membuat posting dengan background yang beralamat di http://kangrohman.googlepages.com/roll_02.jpg,
background ingin di simpan di sebelah kanan atas posting tanpa repeat, padding sebesar 10 pixel, besar hurup 90% :



<div style="background:url(http://kangrohman.googlepages.com/roll_02.jpg) no-repeat right top; text-align:justify; font-size:90%; padding:10px">

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.

</div>

Hasilnya akan seperti ini :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at nisl. Nullam lorem mi, eleifend a, fringilla vel, semper at, ligula. Mauris eu wisi. Ut ante dui, aliquet nec, congue non, accumsan sit amet, lectus. Mauris et mauris. Duis sed massa id mauris pretium venenatis. Suspendisse cursus velit vel ligula. Mauris elit. Donec neque. Phasellus nec sapien quis pede facilisis suscipit. Aenean quis risus sit amet eros volutpat ullamcorper. Ut a mi. Etiam nulla. Mauris interdum.

Eiiiith… gampang juga kan? ya udah di coba dulu aja biar jadi hafal…

Udah dulu ah kang rohman mau nerusin main game nya. Cheeeerrrr..

Iklan

23 April 2008 - Posted by | blog tutorial, blogspot tutorial

21 Komentar »

  1. Wah.. saya yang pertamax. heheh baru kali ini bisa posting yang pertamax.. hehehe

    Hidup terus kang rohman.

    Komentar oleh gls-system | 23 April 2008 | Balas

  2. tthx

    Komentar oleh limon ağacı | 24 April 2008 | Balas

  3. tkx

    Komentar oleh kpss | 24 April 2008 | Balas

  4. mantap mas, saya jadi pingin coba besok

    Komentar oleh antown | 24 April 2008 | Balas

  5. huehuehueue…….

    Ke-Limaxx neh……….

    Gak PErnah Jadi yang PErtamax……..

    qe3……..

    Hajar Bleh……SIkat Truz kang Rohman….Maen Gamenya…….

    hihihii……….Biar disini gw Pantengin truzzz……… :p~

    Komentar oleh Komputer Aplikasi | 24 April 2008 | Balas

  6. Memang keren nih tutorial kang..!! Nanti saya coba deh..! Thanks ya kang

    Komentar oleh Eko Priyanto | 24 April 2008 | Balas

  7. kenapa tuh begron nggak di pasang di blog kang rohman ini…hayooo , takut berat yak hehehe

    Komentar oleh Iwan R | 24 April 2008 | Balas

  8. top dah kang..cuma bener kata suhu iwan pasti bikin berat loading page 🙂

    Komentar oleh OOM | 24 April 2008 | Balas

  9. hehehe…. kalo semua di kasih BG gambar so pastinye berat… yg bijak aja deh 🙂 .. jadi terharu di kunjungi sama suhu suhu blogger..

    Komentar oleh Rohman | 24 April 2008 | Balas

  10. keren mas…!!!
    mau coba ah…
    kapan-kapan….
    thanks…mas..!!

    Komentar oleh ihsan | 24 April 2008 | Balas

  11. Wah, keren juga ya. Thanks tutorialnya Kang Rohman. 🙂

    Komentar oleh Medhy Aginta | 25 April 2008 | Balas

  12. mantap mas udah dicoba dan hasilnya bagus…. makasih

    Komentar oleh frendli | 25 April 2008 | Balas

  13. terimakasih yeh..sy akan mencubanya…hari ini juga!

    😀

    Komentar oleh Jie | 25 April 2008 | Balas

  14. Wuih bener2 jagonya blogger Kang Rohman ini, langusng coba ah. BTW main game apaan Kang, suka AOE Conqueror ga Kang, main online di hamachi yuk….

    Komentar oleh atl@ntis.net | 25 April 2008 | Balas

  15. main game nya di kompi aja.. ga pernah secara Online 🙂

    Komentar oleh Rohman | 25 April 2008 | Balas

  16. wah, hobby kita sama kang rohman main game.

    oiya kang udah nyoba Game Accecombat 6 ngga kang, sekarang accecombat 6 udah ada teknologi penilai kemampuan kita lho, sekarang lebih seru uiii….,

    oiya lagi kang, coba main game ragnarok, powerstuff, blackjack, mario bross ayunkan tongkat, goldtail, thesnifer dll.

    kalo kang hebat main game bisa dapet duit lho kang…,

    seru banget kang…, aq, udah dapet tuh dari game online, bahkan lebih seru dari adsense

    kereeeeeeeeenn kang…,
    mau 0,00001% nya ngga kang.

    Rp 20.000 ta kirim deh tuk uang kopi kang.

    we he he he….,
    siapa tau kangrohman lebih hebat main gamenya, dan berbagi tips dan trik. he he..,

    Komentar oleh afrid fransisco | 26 April 2008 | Balas

  17. kang aku punya maslh dengan blog aku,.. ko ngk mau di akses.. aku coba di warnet lain g bisa kebuka… kecuali kita masuk ke accont dulu baru bisa ke buka….punya solusinya g…

    Komentar oleh acho | 26 April 2008 | Balas

  18. @Afrid : ga pernah maen game online saya mah frid, maennya cuma yg ada di kompi doank.. hehehe… trims untuk kirimannya ya.. malam ini bisa ngopi sepuasnya kayanya dech…

    @acho : kalo lagi di blok, ngebrowse nya melalui situs proxy aja, coba pake http://unblocked.org

    Komentar oleh Rohman | 27 April 2008 | Balas

  19. Wah, terima kasih mas. Mmg lama aku cariin trik ini…

    Komentar oleh MakLaN | 29 April 2008 | Balas

  20. Malam Kang…
    Blog saya berubah “ancur” page elementnya ga ada?
    Saya ga tau dimana kesalahanya?
    Mohon bantuannya donk Kang..
    T’kasih sebelumnya..

    Komentar oleh aa.chayank | 21 Mei 2008 | Balas

  21. kalo ada code read morenya gmn? code warnanya di taruh di mananya?

    Komentar oleh tips jitu | 7 September 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: