Hanya arsip

halaman asli ada di http://kolom-tutorial.blogspot.com

Trik Mudah membuat "Read more"

Lagi-lagi soal membuat fasilitas Read more.. atau Selengkapnya..
pada template baru (XML), topik ini rupanya yang paling banyak di baca dan di minati oleh para
blogger baru. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang masuk pada artikel tersebut, ada yang
girang karena sudah merasa berhasil dan ada juga yang sedikit kecewa karena masih menemui kegagalan.
Dengan masih adanya kegagalan-kegagalan tersebut, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa metode yang
saya sampaikan ternyata masih kurang untuk di pahami.
Dari itu tentu harus di pikirkan cara yang tepat dalam
penyampaian suatu panduan. Beberapa waktu yang lalu ada sebuah komentar yang masuk pada salah satu
artikel saya (artikel yang mana saya lupa dan sedikit malas untuk membuka dokumen komentar) bahwa
metoda penyampaian tersebut sangatlah mudah untuk di pahami, maka pada kesempatan kali ini saya
akan mencoba metoda tersebut pada artikel membuat fungsi Read more.. atau Selengkapnya...

Saran saya, ketika anda melakukan Editting pada kode template, sebaiknya jangan memakai browser Internet Explorer
terutama Internet Explorer 6, pakailah browser lain semisal FireFox ataupun Opera.
Bagi yang belum mempunyai browser FireFox bisa mendownloadnya secara gratis di sini!
dan untuk Opera bisa mendownloadnya di sini!
Kenapa jangan memakai Internet Explorer? ini merupakan pengalaman pribadi saya ketika melakukan
editting sering menemukan pesan error ketika memakai IE, dan apabila memakai
browser lain pesan Error tersebut tidak muncul (proses edtting sukses), dan saya pernah membaca
di blogger forum banyak yang melaporkan isu ini dan pihak blogger sendiri menyarankan untuk sementara memakai
browser lain selain IE (maaf lupa catat alamat link nya).

Bagi yang belum sukses membuat fungsi read more…, coba ikuti langkah berikut ini :

Langkah #1

  • Sign in di blogger dengan id anda.
  • Klik Pengaturan
  • Klik Format
  • Pada layar paling bawah, ada text area kosong disamping tulisan Template Posting, isi tesxt area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :
  •  

     

  • Klik tombol Simpan Pengaturan

 

Pemasangan kode ini di maksudkan agar pada saat posting artikel, kode tersebut langsung muncul tanpa harus menuliskan terlebih dahulu, jadi membantu kita agar tidak harus selalu mengingat kode tersebut.

 

Langkah #2

  • Klik menu Dasboard
  • Klik menu Layout
  • Klik menu Edit HTML
  • Klik tulisan Download Template Selengkapnya.
  • Silahkan save dulu template tersebut, ini di maksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template,
    kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti semula
  • Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Expand Template Widget , lihat gambar di bawah :
  •  

     

  • Tunggu beberapa saat ketika proses sedang berlangsung
  • Silahkan anda cari kode berikut pada kode template milik anda :
  • Hapus kode diatas, lalu ganti dengan kode di bawah ini (klik pada tombol untuk menandai):
  • Klik tombol Simpan Template

  • Selesai.

 

Cara Posting Artikel

  • Klik menu Posting
  • Klik menu Edit HTML, maka secara otomatis tampak kode yang telah kita setting tadi, yakni :
  •  

     

  • Tuliskan artikel yang ingin tampak pada blog sebelum kode :
  •  

     

  • Tulis keseluruhan sisa artikel sesudah kode di atas tadi dan sebelum kode :
  •  

     

  • Klik tombol bertuliskan MEMPUBLIKASIKAN POSTING
  • Klik tulisan Lihat Blog(di jendela baru) untuk melihat hasil dari postingan kita,
    kemudian lihat apakah hasilnya sukses atau tidak. Jika tidak, mungkin ada bagian yang terlewatkan. Coba lihat kembali langkah diatas

 

Mudah-mudahan dengan adanya postingan ini tidak ada lagi yang mengalami
kegagalan dalam membuat menu Read more...

Bagi anda yang mengikuti tutorial ini dan mengalami kegagalan, jangan panik
ketika blog anda menjadi amburadul (katanya begitu dalam komentar), upload kembali
backup templatenya dan nanti akan kembali ke keadaan semula sebelum di edit.

Selamat mencoba !

5 Januari 2008 - Posted by | blog tutorial, membuat readmore

29 Komentar »

  1. Salam Kenal Kang Rohman….
    Barusan saya praktekkan trik yg akang bikin
    Butuh 2 kali nyoba sampai berhasil hehe

    Trims atas sharenya kang
    Cheers

    Komentar oleh -imam- | 6 Januari 2008 | Balas

  2. kang rohman kalo spasi atau paragrap ngaruh ga ya? saya kok belum ber hasil buat read more, saya sudah ikuti semua berkali-kali jg belum bisa ….

    trims kang

    Komentar oleh janan | 6 Januari 2008 | Balas

  3. @imam : salam kenal kembali, selamat ya kalo sudah berhasil.

    @janan : seharusnya ngga sih… eh..kalo perlu bantuan.. silahkan undang saya sebagai author..nanti saya bantuin… tapi itu juga kalo sudah mentok… mending coba aja dulu sendiri ya.. yg lain sudah banyak yang berhasil ko…

    Komentar oleh rohman | 6 Januari 2008 | Balas

  4. bagus banget kang….sukses selalu.

    Komentar oleh Putra-galunggung | 6 Januari 2008 | Balas

  5. iya mas saya coba2 lagi berhasil. saya coba berulang ulang.
    terima kasih banyak mas ya …… trim

    Komentar oleh janan | 6 Januari 2008 | Balas

  6. kang rohman bloger TOP. Trims ya

    Komentar oleh AHMAD JANAN | 6 Januari 2008 | Balas

  7. Kang Rohman kok hasil punya saya pada bagian atas memang benar..tapi setelah kalimat “selengkapnya” kok malah full post nya muncul dibawah?padahal sudah saya ikuti petunjuk lengkapnya kang..

    Komentar oleh investasionline | 6 Januari 2008 | Balas

  8. trims kang rohman atas panduan readmore nya. 1x coba langsung bisa, n trims juga atas template loveblue nya dari kang rohman.

    Komentar oleh rian | 7 Januari 2008 | Balas

  9. maseh gagal teyus😀

    Komentar oleh sampah2ku | 7 Januari 2008 | Balas

  10. @sampah2ku : di coba aja lagi… sahabat yang lain sudah banyak yang berhasil…. sing sabar and tekun tentunya..

    Komentar oleh rohman | 8 Januari 2008 | Balas

  11. Kang rohman makasih akhirnya saya sudah bisa, bagi yg belum bisa coba liat jenis template yang anda gunakan, soalnya sebelum template yg saya gunakan selama ini, selalu gagal, tapi setelah saya ganti hasilnya langsung bisa !!

    Komentar oleh Anonymous | 10 Januari 2008 | Balas

  12. TE O PE dech kang, tokcer ilmunya. Thanks banget yaaaaaaaa

    Komentar oleh Ria | 16 Januari 2008 | Balas

  13. Kang yang ini langsung aku coba di blodpot ku yang pertama

    Komentar oleh bilal | 20 Januari 2008 | Balas

  14. Makasih kang atas tutorialnya.
    Tapi saya mau tanya; kalo buat read me di postingan yg udah ada (edit), apa harus dimasukin sendiri codenya. Emang Saya berhasil potong kalimatnya dengan masukin sendiri, tapi imagenya tetap ada(gak ikut terpotong kedalam “read me”.
    Gimana tuh kang…???

    Komentar oleh . | 21 Januari 2008 | Balas

  15. mas, emang sich, tokcer, abis itu koq error ya … sidebar ku turun, ngaruh ga sich ?
    coba mampir ke blog ku lagi dech http://artriacrafts.blogspot.com
    kan di pojok kanan atas ada tulisan older post, itu kalo di klik, sidebarnya akan balik ke posisi semula ( di atas ) n tulisan older post,dkk balik ke bag. paling bawah postingan, n postingannya dimulai dgn judul aborsi bukan swarovsky, salah dimananya ya, mas. Penasaran bgt nich. Help me ya

    Komentar oleh Ria | 21 Januari 2008 | Balas

  16. @Ria : seharusnya tidak mempengaruhi tampilan, dan boleh di katakan bahwa anda orang pertama yang melaporkan fungsi readmore bisa ngaruh ke tampilan sidebar… btw, cara bantunya gimana nih.. coba undang saya..mungkin bisa membantu…

    Komentar oleh rohman | 21 Januari 2008 | Balas

  17. wah mas,.,.,.,., kali ini saya berhasil,,..,heehehehe
    makasih yah mas.,.,
    asli keren bgt,ringkas.,.,.,
    saya tunggu tips2 nya yang lain,,.,.,

    Komentar oleh khotib | 26 Januari 2008 | Balas

  18. mas dah ku cuba berulang-ulang kok tetep aj kata “selanjutnya…” masih aj di posisi paling bawah

    Komentar oleh legendar-1st | 27 Januari 2008 | Balas

  19. @legendar : kalo mau sejajar, paragrap tag nya musti di hilangkan

    <p><data:post.body/></p>
    <a expr:href=’data:post.url’>Selengkapnya..</a>
    </b:if>

    hilangkan <p> serta </ p> nya, jadi kodenya jadi seperti ini :

    <data:post.body/>
    <a expr:href=’data:post.url’>Selengkapnya..</a>
    </b:if>

    Komentar oleh rohman | 28 Januari 2008 | Balas

  20. ehmmm, OK sukses^^,..
    sebentar, aq mau tanya ni, gimana kalau artikel yang kita buat itu emang sedikit, so qta mau artikel yang ini tidak ada READ MOREnya,…
    So, bisa dibilang, bagaimana caranya membuat sebuah POSTINGan ada yang pakai READ MORE ada yang gk???
    thx

    Komentar oleh hikari | 29 Januari 2008 | Balas

  21. mas….keren tenan iks. mantap mas…langsung bisa…makasih yak.

    Komentar oleh garonx | 1 Februari 2008 | Balas

  22. Mas Rohman,
    1. Trims saya sudah buat Read more-nya.
    Tapi Read more muncul di semua posting.
    Saya hanya mau postingan yang panjang saja yang ada read more -nya, sedangkan yang pendek tidak perlu ditampilkan read morenya.

    2. Saya mau menambahkan “Kategori” untuk postingan di side bar, gimana caranya ?

    Gimana nih Mas, tolong bantuannya.
    (coba liat blogku)
    Trimakasih

    Komentar oleh argo | 14 Februari 2008 | Balas

  23. @hikari, @argo : kalo mau read more nya seperti itu, silahkan baca di sini!

    Komentar oleh Rohman | 14 Februari 2008 | Balas

  24. bos rohman yang keren abezz,thanks atas ilmunya ya…gue mo tanya neh,gue kan ngepost biasa pake mozilla nah disitu readmorenya(selengkapnya)berhasil tapi kok pas buka lewat internet expoler malah semua postingan mucul lengkap terus paling bawahnya malah muncul selengkapnya..bingung bos,gimana bantuin dong..

    Komentar oleh jossy | 15 Februari 2008 | Balas

  25. Terima kasih banyak Kang Rohman. Setelah cari kesana kemari termasuk help google, akhirnya ketemu juga di sini.

    Salam kenal,
    Y Pan
    http://ypanca.blogspot.com

    Komentar oleh Anonymous | 15 Februari 2008 | Balas

  26. salam jumpa lagi mas, mas mau nanya nih kenapa dalam postingan q setelah “Read more” berubah spasinya, apa ada yang salah mas. makasih.

    Komentar oleh Ahmed | 22 Februari 2008 | Balas

  27. mas, aku lagi belajar2 banyak ttg blog. smoga smua penjelasan mas diatas bisa aku jadikan acuan. salut buat kang rohman……

    Komentar oleh blue_icon | 24 Februari 2008 | Balas

  28. Mas,aku baru ngeblog nih. kasih tip yg bagus ya buat aku? makasih

    Komentar oleh Nartono | 6 Maret 2008 | Balas

  29. Pake yang ini juga tetep ga bisa kang….
    Setelah ganti template code HTMLnya jadi beda semua….

    Komentar oleh Tips Blogging | 5 Juli 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

