Hanya arsip

halaman asli ada di http://kolom-tutorial.blogspot.com

Trik Mudah membuat Read more

Lagi-lagi soal membuat fasilitas Read more.. atau Selengkapnya..
pada template baru (XML), topik ini rupanya yang paling banyak di baca dan di minati oleh para
blogger baru. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang masuk pada artikel tersebut, ada yang
girang karena sudah merasa berhasil dan ada juga yang sedikit kecewa karena masih menemui kegagalan.
Dengan masih adanya kegagalan-kegagalan tersebut, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa metode yang
saya sampaikan ternyata masih kurang untuk di pahami. Dari itu tentu harus di pikirkan cara yang tepat dalam
penyampaian suatu panduan. Beberapa waktu yang lalu ada sebuah komentar yang masuk pada salah satu
artikel saya (artikel yang mana saya lupa dan sedikit malas untuk membuka dokumen komentar) bahwa
metoda penyampaian tersebut sangatlah mudah untuk di pahami, maka pada kesempatan kali ini saya
akan mencoba metoda tersebut pada artikel membuat fungsi Read more.. atau Selengkapnya...

Saran saya, ketika anda melakukan Editting pada kode template, sebaiknya jangan memakai browser Internet Explorer
terutama Internet Explorer 6, pakailah browser lain semisal FireFox ataupun Opera.
Bagi yang belum mempunyai browser FireFox bisa mendownloadnya secara gratis di sini!
dan untuk Opera bisa mendownloadnya di sini!
Kenapa jangan memakai Internet Explorer? ini merupakan pengalaman pribadi saya ketika melakukan
editting sering menemukan pesan error ketika memakai IE, dan apabila memakai
browser lain pesan Error tersebut tidak muncul (proses edtting sukses), dan saya pernah membaca
di blogger forum banyak yang melaporkan isu ini dan pihak blogger sendiri menyarankan untuk sementara memakai
browser lain selain IE (maaf lupa catat alamat link nya).

Bagi yang belum sukses membuat fungsi read more…, coba ikuti langkah berikut ini :

Langkah #1

  • Sign in di blogger dengan id anda.
  • Klik Pengaturan
  • Klik Format
  • Pada layar paling bawah, ada text area kosong disamping tulisan Template Posting, isi tesxt area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :
  •  

    <span class=”fullpost”>

    </span>

     

  • Klik tombol Simpan Pengaturan

 

Pemasangan kode ini di maksudkan agar pada saat posting artikel, kode tersebut langsung muncul tanpa harus menuliskan terlebih dahulu, jadi membantu kita agar tidak harus selalu mengingat kode tersebut.

 

Langkah #2

  • Klik menu Dasboard
  • Klik menu Layout
  • Klik menu Edit HTML
  • Klik tulisan Download Template Selengkapnya.
  • Silahkan save dulu template tersebut, ini di maksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template,
    kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti semula
  • Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Expand Template Widget , lihat gambar di bawah :
  •  

     

  • Tunggu beberapa saat ketika proses sedang berlangsung
  • Silahkan anda cari kode berikut pada kode template milik anda :
  • <p><data:post.body/></p>

  • Hapus kode diatas, lalu ganti dengan kode di bawah ini (klik pada tombol untuk menandai):
  • <b:if cond=’data:blog.pageType == “item”‘>
    .fullpost{display:inline;}


    .fullpost{display:none;}

    Selengkapnya…

  • Klik tombol Simpan Template

  • Selesai.

 

Cara Posting Artikel

  • Klik menu Posting
  • Klik menu Edit HTML, maka secara otomatis tampak kode yang telah kita setting tadi, yakni :
  •  

    <span class=”fullpost”>

    </span>

     

  • Tuliskan artikel yang ingin tampak pada blog sebelum kode :
  •  

    <span class=”fullpost”>

     

  • Tulis keseluruhan sisa artikel sesudah kode di atas tadi dan sebelum kode :
  •  

    </span>

     

  • Klik tombol bertuliskan MEMPUBLIKASIKAN POSTING
  • Klik tulisan Lihat Blog(di jendela baru) untuk melihat hasil dari postingan kita,
    kemudian lihat apakah hasilnya sukses atau tidak. Jika tidak, mungkin ada bagian yang terlewatkan. Coba lihat kembali langkah diatas

 

Mudah-mudahan dengan adanya postingan ini tidak ada lagi yang mengalami
kegagalan dalam membuat menu Read more...

Bagi anda yang mengikuti tutorial ini dan mengalami kegagalan, jangan panik
ketika blog anda menjadi amburadul (katanya begitu dalam komentar), upload kembali
backup templatenya dan nanti akan kembali ke keadaan semula sebelum di edit.

Selamat mencoba !

5 Januari 2008 - Posted by | blog tutorial, blogspot tutorial, read more

74 Komentar »

  1. bagus bangeet Mas, perbanyak dong tutorialnya..
    trims..

    Komentar oleh "prof"_AL | 4 April 2008 | Balas

  2. Wah…ternyata Blog akang sangat membantu bagi pemula kayak gue ini….
    maklumlah gue owong ndeso banget…
    trimakasih ya kang….
    salam kenal..

    ivoensl@yahoo.com

    Komentar oleh Industri Genteng | 5 April 2008 | Balas

  3. terima kasih kang..
    kalau posting pendek biar nggak ada read morenya gimana ya bang ?

    Komentar oleh W Aves | 19 April 2008 | Balas

  4. kang akhirnya saya bisa buat read more.. terima kasih untuk ilmunya!!!

    Komentar oleh Nurul | 19 April 2008 | Balas

  5. Thanx banget ya Bos ..

    Komentar oleh fR3dDy | 19 April 2008 | Balas

  6. kang terima kasih…..read morenya sudah bisa………..

    Komentar oleh permesinan | 29 April 2008 | Balas

  7. Trima kasih mas artikelnya sangat membantu …

    Komentar oleh Anonymous | 9 Mei 2008 | Balas

  8. bagus bang tapi
    gimana ya caranya untuk form komentar bisa tampil hal utama tanpa perlu klik komentar lagi
    maaf saya newbi
    mohon pencerahan

    Komentar oleh Gendut Widodo | 11 Mei 2008 | Balas

  9. thx kang, akhirnya bz bkin readmore di blogger, stlh depresi mo pindah ke wordpress.

    silakan akang check blog saya

    Komentar oleh i luph u bibeh | 16 Mei 2008 | Balas

  10. Kang postingan terbaru saya kok masukanya ke arsip ya bukan ke halaman pertama , bagaimana caranya ya kang, supaya postingan terbaru masuk ke halaman depan. Terima kasih
    dari marno

    Komentar oleh Kerja Sampingan | 20 Mei 2008 | Balas

  11. akang…koq sy masih blm bisa juga yah…udah dicoba ganti template masih gagal juga.Kodenya udah di ganti,pas mo di save/preview ga bisa,katanya ada yg error.bisa bantuin ga?sy pake template minima black.hatur nuhun pisan akang…

    Komentar oleh Agus Kurniawan | 27 Mei 2008 | Balas

  12. Salam kenal Mas Rohman,

    Saya copy beberapa artikel ( read more & recent comments ) boleh kan..?

    Nanti saya coba pasang di blog , hasilnya saya info kan ke Kakang sekalian undang untuk lihat hasilnya diblog saya.

    Wassalam,
    Raf

    Komentar oleh Raf | 29 Mei 2008 | Balas

  13. salam kenal,
    tulisan kang rohman banyak bermanfaat deh buat saya..
    trima kasih banyak ya..
    Link blog punya ku donk kang…
    he..he..he..

    Komentar oleh kristoforus | 3 Juni 2008 | Balas

  14. hue..he..he..

    Sip Kang

    Komentar oleh Dasar Goblog | 3 Juni 2008 | Balas

  15. Che ill Leee3! Kang Rohman Hebat ya….! Anak Siapa si….h! i…h gemmmmes De…ch!

    Komentar oleh Black Shadow | 7 Juni 2008 | Balas

  16. yang jelas anak ibu dan bapak saya..hehehe

    Komentar oleh Rohman | 8 Juni 2008 | Balas

  17. ini adalah tutorial yang sangat mudah diikuti, saya sangat berterima kasih Kang Rohman.

    Komentar oleh picas.line | 9 Juni 2008 | Balas

  18. Nuwun Kang ,

    recent comments & read more have installed successfully on my blog , please visit to see it on raf-startwithnothing.blogspot.com

    Terima kasih banget yaa…nanti artikel tutorial lainnya aku pelajari juga…maklum new kid on the blog..harus banyak belajar sama Suhu yang mumpuni

    wassalam

    Komentar oleh Raf | 13 Juni 2008 | Balas

  19. Hatur Tenkyu atuh kang, postingannya keren…dan setelah dicoba dan diaplikasikan berhasil…

    Hatur tenkyu bgt 😀

    Komentar oleh bOndy | 19 Juni 2008 | Balas

  20. halo kang
    kok saya ga isa nemukan kode pada “edit HTML”? (langkah 2) knp ya?

    Details

    Komentar oleh Kensun | 25 Juni 2008 | Balas

  21. ass…

    kang rohman… sudah berulang kali saya berusaha membuat read more di blog saya… tapi gagal terus….

    apakah mungkin ada kesalahan dalam templat saya atau gimana kang…

    tolongin dong kang…. dah pusing banget nih kang…..

    please!!!

    Komentar oleh Firex Santos | 26 Juni 2008 | Balas

  22. Yes sukses mas, berhasil

    oh iya boleh promosi ya

    ai_black3.blogspot.com
    lokerinfo.blogspot.com

    Komentar oleh loker.info | 26 Juni 2008 | Balas

  23. Hatur nuhun … :-*

    Komentar oleh Dewa | 1 Juli 2008 | Balas

  24. susah… yaaa… belum berhasil2 neh…

    kode ini ga tau dimana…. mata dah hampir pecah nyarinya tipi belum berhasil juga

    bantuin kangggg

    Komentar oleh i_ccank | 2 Juli 2008 | Balas

  25. makasih banyak tips nya ya, bagus buat blog ku….

    Komentar oleh agus 4ja | 7 Juli 2008 | Balas

  26. siang akang… aku dah ikuti langkah2nya, ada yang berhasil tapi kadang ada postingan yang bandel tuh… tetep muncul semuanya klo sudah diposting..~x

    Komentar oleh Azhoeck | 8 Juli 2008 | Balas

  27. Ass,kang…setelah coba berkali-kali…akhirnya perlu nanya juga nih…kok di template saya gak ada kode template yg musti dirubah? yg ada gak lengkap kaya yg akang tulis diatas…itu sama gak? coba-coba ubah, tulisan “selengkapnya” muncul…tapi tulisannya muncul semua…?mohon bantuanya..wass

    Komentar oleh bening | 9 Juli 2008 | Balas

  28. TengKyu Bang Atas PanduannYa ;)) blog aku jadi ga panjang² ;)) sekali lagi tengkyu ya bang

    Komentar oleh AiiAh LuPh N'dA | 10 Juli 2008 | Balas

  29. thx pool atas ilmunya Bang

    Komentar oleh setia1heri | 15 Juli 2008 | Balas

  30. haturan kang rohman saparantos kuring nyobaan naha nya bet gagal,jeung ayeuna tampilan blog kuring ancur, kuring tos backup template na, tapi pas di upload aya seratan kieu:

    We’re sorry, but we were unable to complete your request.

    When reporting this error to Blogger Support or on the Blogger Help Group, please:

    * Describe what you were doing when you got this error.
    * Provide the following error code and additional information.

    bX-9p3wjp
    Additional information
    blogID: 9109801936495899753
    host: http://www.blogger.com
    uri: /html

    This information will help us to track down your specific problem and fix it! We apologize for the inconvenience.

    duh tulungan kang kudu kumaha yeuh ,jadi hanjakal robah2 template antuk na blog kuring beunang susah payah teh, ancurrr, widgetna jadi teu katingali deui, tulung nya!

    Komentar oleh fredynovianto | 18 Juli 2008 | Balas

  31. Gimana ya! sampai sekarang koq belum berhasil juga bikin read more. kalo gak keberatan bantu donk kasih solusi.
    Trims.

    Salam kenal,
    coll.aan@gmail.com
    http://kanganwar.blogspot.com

    Komentar oleh KANG ANWAR | 19 Juli 2008 | Balas

  32. Terima kasih ya Kang Rohman.. Info nya soal Read More di Blogspot sangat bermanfaat buat saya yang sebelumnya bingung 🙂
    Sekarang sudah berhasil..
    Tuh kunjungi blog saya ya http://bundarini.blogspot.com

    Komentar oleh Rini Indrawati | 20 Juli 2008 | Balas

  33. Wah…. kok aku gak bisa nemuin yang kayak gitu ya…. data:post.body di bagian mana?

    Komentar oleh Sony Adam Saputra | 20 Juli 2008 | Balas

  34. :p kang rohman…… saya juga lum bisa buat read more…. code ini (p)data:post.body/(/p)
    ga ketemu ketemu mas… bingun sekali saya…. bantuin dong mas……

    Komentar oleh Firex | 22 Juli 2008 | Balas

  35. Mas, mantap isi blognya, ….. sekali waktu boleh singgah di http://www.bakpiajogja.blogspot.com

    Komentar oleh Alip Winarto | 22 Juli 2008 | Balas

  36. Alhamdulillah 🙂 ahirnya saya berhasil juga 😀
    Thks kang Rohman 🙂

    Komentar oleh ((¯`¤-&gt; WahyoE &lt;-¤´¯)) | 24 Juli 2008 | Balas

  37. woii…gue juga berhasil …thx kang rohman

    Komentar oleh andrian ysi | 27 Juli 2008 | Balas

  38. Terima kasih tutorialnya. Sangat membantu.

    Komentar oleh Dahlan | 30 Juli 2008 | Balas

  39. thanks ya kang, aku dah bisa nich nyobainya…
    tapi yg masih bingung posting sebelumnya ngedit nya gimana ya? soalna readmore nya muncul terakhir, klo mau posting baru udah bisa, saya harap kang rohman mau mampir sbentar di http://jumpbe.co.cc

    Komentar oleh black orange | 31 Juli 2008 | Balas

  40. Kang, koq di template aku ga ada kode :
    “(p)(data:post.body/)(/p)”
    ya?… Adanya kode :
    “(p)(data:blogCommentMessage/)(/p)”
    gimana tuh ya jadinya?…
    Trims a lot

    Komentar oleh Marissa Hot Spot | 31 Juli 2008 | Balas

  41. kang rohman salam kenal ya,,saya mau tanya koq saya gak bisa ya membuat read more,, di template saya tidak ada yang kang roman sebutkan kode htmlnya,,maklum saya pemula dalam blog, mohon bantuannya.

    Komentar oleh gOQieLz | 4 Agustus 2008 | Balas

  42. trima kasih atas tutorial buat read morenya..dulu saya sudah pernah buat tetapi dengan cara yang lama tidak berhasil tetapi sekarang sukses..trima kasih ya om..

    Komentar oleh tjahjo | 6 Agustus 2008 | Balas

  43. terima kasih banyak kang…
    saia ini pemula yang sangat pemula, jadi benar-benar tertolong dengan tulisan-tulisan kang rohman.
    sekali lagi terima kasih…

    Komentar oleh -drestantiarto | 6 Agustus 2008 | Balas

  44. kang..punya bunda juga nggak nemu kode ini
    (p)data:post.body/(/p)
    kumaha atuh?

    Komentar oleh Rierie | 8 Agustus 2008 | Balas

  45. jazakallohu khairon ya mas…

    Komentar oleh liza fathiariani | 11 Agustus 2008 | Balas

  46. alah kang, punten pisan…ieu jadi rieut kieu…
    manyak jadi dobel artikelna..
    padahal geus di turutan tah source na…
    kudu di kumahakeun tah kang?
    punteun pisan

    Komentar oleh Andy a.k.a Nobi | 12 Agustus 2008 | Balas

  47. gmana klo postingnya malah ndak mau pake read more, soalnya artikelnya pendek skali..tapi cuma untuk satu posting itu..

    Komentar oleh SideC | 12 Agustus 2008 | Balas

  48. susah ya…gk mau punya saya mas..gak ada tulisannya di html layout..knapa ya g ada??thnx

    Komentar oleh Mamankz | 14 Agustus 2008 | Balas

  49. lapor Kang !! Kode yang ini :
    blablabla cond='data:blog.pageType == "item"'>

    setelah di save malah berubah jadi begini :
    blablabla cond='data:blog.pageType == "item"'>

    Komentar oleh Anugrah | 14 Agustus 2008 | Balas

  50. haduhhh sallah salah… yang bener kakya gini nih Kang !!!
    Kode yang ini :
    blablabla cond='data:blog.pageType == "item"'>

    setelah di save malah berubah jadi begini :
    blablabla cond='data:blog.pageType == "item"'>

    itu berubah secara otomatis !!!

    Komentar oleh Anugrah | 14 Agustus 2008 | Balas

  51. akang tararengkyu buat postingan akan ini.
    ihduy berhasil *Aseeeeeekkk bisa masang read morenya
    tapi masih perlu belajar lagi nih kang, maklum newbie huiks..

    Komentar oleh Blogger ihduy | 15 Agustus 2008 | Balas

  52. thanx yaaa atas ilmu nya….

    Komentar oleh Bussines Internet | 18 Agustus 2008 | Balas

  53. mas….
    kode yang ma suruh dicari di blog saya gak ada…
    gimana tu mas…?

    Komentar oleh Bussines Internet | 18 Agustus 2008 | Balas

  54. mas 😀

    kok tiap kali aku save lsg eror ya.. hiks

    apa karena saya pake blogger dalam konsep..

    Komentar oleh japanfolklore | 19 Agustus 2008 | Balas

  55. wow sangat membantu buat amatir kayak saya thx yah kang aya budak leuweung yeuh rek nga-blog

    Komentar oleh vicry Blog Yang Ke-326 | 19 Agustus 2008 | Balas

  56. kog ngga bisa ya mas????

    Komentar oleh RiZa TadPoLe Crew | 22 Agustus 2008 | Balas

  57. tulisan yg mesti digantinya kok ga ketemu ya??? nyarinya gmn kang?? yg ada jg ka pake P

    Komentar oleh Aria | 22 Agustus 2008 | Balas

  58. kalo gak nemu yang (data:post.body/) gmana??

    Komentar oleh DPC PKS GEBANG | 24 Agustus 2008 | Balas

  59. @Aria : kode ini :

    <p><data:post.body/></p>

    dengan kode ini sama saja :

    <data:post.body/>

    kode p itu untuk memberi jarak (p=paragrap)

    @DPC PKS : seharusnya ada kode itu, soalnya tuh kode untuk halaman posting.

    Komentar oleh Kang Rohman | 24 Agustus 2008 | Balas

  60. kang..saya tanya..saya newbie dalam blog..post yg saya buat n udah saya post mau saya kasi read more..apa post saya saya cut trs ikut langkah2 diatas itu ya??

    mohon bantuannya kang

    Komentar oleh Savec | 24 Agustus 2008 | Balas

  61. anu kang..maksudku ada yg bisa ada yg ngga…huhuuww..trs di blogku tulisannya bukan “read more” tapi selengkapnya…kl tulisan itu diganti bisa ga kang -“selengkapnya” itu???

    thx kang

    Komentar oleh Savec | 24 Agustus 2008 | Balas

  62. ternyata dah bisa..selama 1 jam saya utak atik huhfff…

    heheehehe

    Komentar oleh Savec | 24 Agustus 2008 | Balas

  63. Kang terima kasih read morenya udah bisa, tapi kang, tulisan sebelum readmore kok muncul dua kali, mana yang salah?

    Komentar oleh SDNMoojosari2 | 26 Agustus 2008 | Balas

  64. salam kenal
    terima kasih tipsnya tapi jarak antara spasi dan tulisan readmore kok panjang banget ya… saya sudah mengikuti instruksi tapi gak tau kok masih begitu juga. Kalo sempat tolong dicek ya mas. (muallaqatforum.blogspot.com)

    Komentar oleh Muallaqat Forum | 27 Agustus 2008 | Balas

  65. kang rohman…terima kasih ilmunya manfaat banget. saya ganti template sama magazine…

    Komentar oleh Sukron Abdilah. | 30 Agustus 2008 | Balas

  66. Dengan Hormat Kang Rohman,
    saya mencoba dari ketiga trik tentang cara memasang READ MORE punya Akang terus muncul pesan ini “Lebih dari satu widget ditemukan dengan id: Text1. ID Widget seharusnya unik.”, Gimana solusinya Kang ?

    Komentar oleh SUHARNA | 31 Agustus 2008 | Balas

  67. Dengan Hormat Kang Rohman,
    saya mencoba dari ketiga trik tentang cara memasang READ MORE punya Akang terus muncul pesan ini “Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Lebih dari satu widget ditemukan dengan id: Text1. ID Widget seharusnya unik.
    .”, Gimana solusinya Kang dan apa yang ID Widget seharusnya unik tersebut ?

    Komentar oleh SUHARNA | 31 Agustus 2008 | Balas

  68. Kang Rohman, gmn caranya upload settingan templete yg sh say back up sebelumnya???? Soalnya postingan saya hilang smua pas mau aplikasiin read more…O iya, thx yah kang buat smua tutorialnya, bermanfaat banget buat saya yg msh belajar.

    Komentar oleh bengkelbaca | 3 September 2008 | Balas

  69. asikkk…akhirnya berhasil juga…makasih ya kang

    Komentar oleh Bengkel Baca | 3 September 2008 | Balas

  70. salam kenal .. thank’s bwt infonya 😉

    Komentar oleh adasini | 4 September 2008 | Balas

  71. kang….gimana tuh kalo menu Expand Template Widget gak ada,aku pake classic…html

    Komentar oleh virtual mind | 4 September 2008 | Balas

  72. kang hatur nuhun bwat readmorenya
    ajarin saya bikin templat html dunk…

    Komentar oleh good bux | 4 September 2008 | Balas

  73. kenapa BERKALI-KALI muncul ini kang?
    Maafkan kami, tapi kami tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda.

    Saat melaporkan kesalahan ini ke Pendukung Blogger atau pada Kelompok Petunjuk Blogger, silakan:

    * Jelaskan apa yang Anda lakukan ketika Anda menjumpai kesalahan ini.
    * Sediakan kode kesalahan dan informasi tambahan berikut ini.

    Komentar oleh citraglobal | 8 September 2008 | Balas

  74. makasih mas
    minta maaf mas tapi thx

    Komentar oleh faizal | 9 September 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

