Hanya arsip

halaman asli ada di http://kolom-tutorial.blogspot.com

Cara pasang search Engine

Sebenarnya petanyaan ini sudah pernah di tanyakan oleh
salah seorang sobat pengunjung blog ini, namun jika di tunda
untuk menjawabnya terkadang saya lupa atau memang masih belum menemukan kata-kata
yang tepat untuk menerangkannya, pertanyaannya kira-kira seperti ini :

Mas rohman, bagaimana caranya memasang Search Engine pada blog?

Baikklah, saya akan mencoba menjawabnya. Semoga mudah untuk di mengerti.
Bagi sobat yang sudah bergabung di Google adsense, tentunya untuk memasang
sebuah search engine bisa memakai layanan dari Google adsense tersebut.
Selain berfungsi sebagai search engine, tentunya sobat akan mendapatkan imbalan
dari Google setiap ada pegunjung yang menggunakan search engine tersebut. Contoh yang
nyata adalah Search Engine yang terpampang di sebelah atas blog ini, jika sobat bermaksud
ingin menyumbang ke saya maka tidak usah mengeluarkan kocek dari kantong sobat sendiri akan tetapi
cukup dengan terbiasa menggunakan Search Engine tersebut apabila berniat ingin mencari sesuatu
yang ada di Web, biarlah Google adsense yang membayar saya.

Pertanyaan berikutnya yang mungkin muncul yaitu :

Bagaimana kalau saya belum tergabung di Google adsense, akan tetapi tetap ingin memasang
Search Engine di blog saya agar pengunjung lebih mudah untuk mencari apa yang mereka inginkan
di blog saya?

Seandainya kasusnya seperti itu, maka janganlah sobat merasa risau karena sobat bisa membuatkan
search engine untuk blog sobat tanpa harus tergabung di Google adsense. Mau tahu caranya?
baca aja sampai akhir tulisan ini.

Untuk membuat sebuah Search Engine pada sebuah blog, sebenarnya mudah karena sobat hanya
membuatkan sedikit kode HTML, scriptnya seperti ini :


<form id="searchform" action="http://AlamatBlogAnda.blogspot.com/search" name="searchform" method="get">

<input id="s" value="" name="q" type="text">
<input id="searchsubmit" value="Search" type="submit">
</form>

Yang perlu sobat perhatikan adalah tulisan yang saya cetak merah yaitu http://AlamatBlogAnda.blogspot.com/search,
tulisan AlamatBlogAnda harus sobat ganti tentunya dengan alamat blog sobat yang ingin
di pasangi seacrh engine, misalkan apabila di pasang untuk blog ini maka tulisan tersebut di ganti dengan
http://kolom-tutorial.blogspot.com/search. Selain itu, ada juga yang bisa sobat ubah yaitu
di bagian kode –> value=”Search“. Tulisan Search ini adalah tulisan
yang akan muncul pada tombol search engine, apabila sobat ingin mengubahnya, silahkan ubah dengan keinginan, contoh : tulisan
tersebut ingin di ubah menjadi Cari atau Go.

Sebagai contoh hasil dari search engine dari script diatas adalah seperti ini :

Atau seperti ini :

Atau juga seperti ini :

Silahkan coba fungsinya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak?

Untuk cara pemasangan sama seperti kode HTML lainya, untuk template klasik silahkan sobat cari sendiri
karena masing-masing template mempunyai kode yang berbeda-beda. Untuk yang template baru, sobat bisa memasukannya
melalui Elemen Halaman kemudian pilih yang HTML/Javascript.

Saya rasa pembahsanya sudah cukup.

Bagi yang ingin melihat-lihat template, template yang satu ini boleh juga untuk di pertimbangkan, silahkan klik di sini !

Selamat mmencoba !

6 November 2007 - Posted by | blog tools, blog tutorial

42 Komentar »

  1. thk Pak Rohman. kodenya sudah saya coba dan berjalan untuk blog saya!

    Komentar oleh Active Transformation | 16 November 2007 | Balas

  2. mas warna google search bisa diubah ga? biar sama dengan warna blog

    Komentar oleh JURUSAN SYARIAH STAIN CIREBON | 21 November 2007 | Balas

  3. Thanx, berhasil. tp kayaknya ini hanya mencari di satu lokasi, bisa ditambah ga yang buat nyari di beberapa situs?

    Komentar oleh bilaboong | 29 November 2007 | Balas

  4. kang rohman trimakasih atas ilmunya…tapi klo saya pengen buat search di google ma di kolom blogspot seperti yang ada di atas blogspot ini gmn ya..?

    Komentar oleh aanwahyu | 8 Januari 2008 | Balas

  5. Wah kang.. Makasih bgt Ya..
    Thanks dah…

    Komentar oleh Zeros | 10 Januari 2008 | Balas

  6. matur nuwun kang…. blogku dadi apik saiki….

    Komentar oleh inckom | 17 Januari 2008 | Balas

  7. Asl..thanks banget kang..sy dah cuba

    Komentar oleh alf | 21 Januari 2008 | Balas

  8. Kang cing punten gimana caranya agar data yang ada di excell bisa link ke blog. punten kang pangakalankeun. Mung Alloh nu tiasa ngabales kana sagala rupi kasaean akang

    Komentar oleh SMPN 2 Tarkid | 21 Januari 2008 | Balas

  9. kang ajarin saya pasang iklan di google group..kok saya nggak bisa bisa..klo saya pasang iklan di yahoogroups dah bisa dan mudah banget tapi google blum pernah jadi nggak bisa bisa..saya mau gabung di mailinglist google groups nih bantuan caranya yah kirim email ke m.wawang@gmail.com atau myclik@plasa.com..ditunggu secepatnya..butuh banget krn ada tugass penting!! makasih yah

    Komentar oleh Anonymous | 9 Februari 2008 | Balas

  10. makasih bnyk bung rohman, blog anda bnyak membantu saya…..
    smoga Tuhan YME membalas……….

    Komentar oleh sky arzu rino | 13 Februari 2008 | Balas

  11. mkasih ats infonya

    Komentar oleh Budag | 28 Februari 2008 | Balas

  12. terimakasih atas infonya
    saya langsung praktekkan dan muncul search page di blog saya
    tapi bisakah searh page nya melakukan pencarian diluar isi dari blog ????
    kaya google.com ???

    trims

    Komentar oleh zaenal | 11 Maret 2008 | Balas

  13. gimana cara supaya blog kita bisa dicari pake search engine

    Komentar oleh http://bandungcomicschool.blogspot.com/ | 15 Maret 2008 | Balas

  14. Klo blognya pakai wordpress bisa gak ya?

    Komentar oleh sup2h | 8 April 2008 | Balas

  15. SIPPP BOSSS,, BISA untuk menambah wawasan kami yang masih awam internet ini,,,, matursuwun, artikele panjenengan……..

    Komentar oleh adi_xtrim | 17 April 2008 | Balas

  16. Nuhun kang Ilmuna….

    Komentar oleh Beni | 12 Mei 2008 | Balas

  17. kang gmana caranya pasang kode google adsene yg bener????saya dh punya acount google adsense tp pas tak pasang kok ga ada tulisana “cari”,search” to apa.mlah ma kosongan???

    Komentar oleh www.slemankita.co.nr | 29 Mei 2008 | Balas

  18. mas, mau tanya gimana cara pasang komentar kayak diblog mas, saya coba pasang comment kok keluar halaman baru, kalau di blog mas bagus nih.. ajarain dong..

    Komentar oleh jaya | 31 Mei 2008 | Balas

  19. Makasih….tapi kalau pengen kayak di blog ini gmn? bls ya

    Komentar oleh Zainlite | 1 Juni 2008 | Balas

  20. Mas Rohman, saya newcomer di dunia blog(sebulanan), banyak terbantu dengan tulisan anda dalam mengedit/menambah tampilan blogspot.Terimakasih Buannyaak!!!
    Ada satu hal yng masih saya cari, yaitu bisa gak tampilan deskripsi HEADER BLOG dibuat sebagai running text, biar lebih luwes gitu…?

    Komentar oleh totok S | 1 Juni 2008 | Balas

  21. bagaimana buat search dengan dua pilihan dalam satu elemen kang rohman

    Komentar oleh Gendut Widodo | 4 Juni 2008 | Balas

  22. kang gimana cara pasang search engine yang pake adsense biar kita bisa search pada web dan search di blog kita aja… seperti search engine kang di atas itu percis…….

    Komentar oleh anakciremai | 9 Juni 2008 | Balas

  23. Saya sudah tergabung di google adsense tapi kok ga bisa muncul seperti di kanan atas blog ini mesin pencarinya?
    Maksudnya, ada pilihan opsi apakah akan dicari di web atau di blog ini.

    Bagaimana Kang??? Terima kasih ya..

    Komentar oleh Santri Mbeling | 9 Juni 2008 | Balas

  24. sekarang google search dah lain, pake custom search. yg punya saya masih pake script yg lama

    Komentar oleh Rohman | 9 Juni 2008 | Balas

  25. terimaksih atas bantuannya

    Komentar oleh gunegan | 13 Juni 2008 | Balas

  26. kang Rohman, saya terbantu sekali dgn blog anda ini. Saya mau tanya kang, apa sih google adsense itu ? keuntungan dan kerugiannya?
    thanks ya atas advicenya

    Komentar oleh hands | 16 Juni 2008 | Balas

  27. salam kenal kang, saya banyak belajar blog dari blog kang rohman, saya senang dengan tutorialnya apalagi disisipi dengan canda2nya,hehehe lucu…
    tapi untuk tutorialnya ada yang ga bisa dipakai di blog saya nikh kaya tutorial ini kang, Gimana?
    (waraikomputer.blogspot.com)makasikh
    pesan errornya:type input mush be matching end-tag,pokonya kayagitu..

    Komentar oleh mamem | 25 Juni 2008 | Balas

  28. makasih om tutorialnya

    Komentar oleh Sandy1fm | 18 Juli 2008 | Balas

  29. Kang, saya orang Bandung bisa sowan, guguru elmu ? alamat Akang dimana ?

    Komentar oleh IMPI NI YEH | 29 Juli 2008 | Balas

  30. Lam kenal dari qu!
    Emang google adsense tuh apaan sih?
    apakah berbayar atau tidak?
    mohon pencerahannya.

    Oh ya hampir lupa, sebelumnya terima kasih sebesar besarnya atas tutorial lainnya!

    Komentar oleh Yoshimori Sumimura | 29 Juli 2008 | Balas

  31. Salam kenal dari saya yang kang? saya dinarni(www.deftas.blogspot.com). saya masih pemula di dunia blog ini, tapi saya sangat bersyukur sekali bisa ketemu blognya kang rohman ini jadi dalam membuat blog saya sama sekali tidak mengalami kesusahan walaupun bentuk blognya masih standar sih??? he..he..he… Terima kasih banyak.

    Komentar oleh DINARNI EFTA SUTRISNA | 2 Agustus 2008 | Balas

  32. Bung, terima kasih buat infonya..kalu butuh informasi atau share2 artikel tentang pemasaran & promosil online klik aj http://www.konsultanide.blogspot.com

    Komentar oleh BLOG BARTERDOKU | 9 Agustus 2008 | Balas

  33. Saya baru mendaftar adsense dan sudah diterima..
    heheh

    Tetapi saya bingung, koq earn nya masih nol dollar! sebenaranya kita dapat earn dengan proses yang bagaimana?

    TOlong di email ke erwin.nuel@gmail.com

    Thanks all

    Komentar oleh Erwin Immnuel Naibaho | 9 Agustus 2008 | Balas

  34. Wah cari2 cara psang search engine, tnyata dapete info yg pas, komunikatif & mudah diaplikasikan ya di blog Kang Rohman (lagi!) 🙂 Makah kang. Udah terpasang tuh Search Engine di Blog qu

    Komentar oleh Canie TODAY | 12 Agustus 2008 | Balas

  35. bagaimana caranya join di googlegroups? dan bisa memposting iklan?

    Komentar oleh around the word | 17 Agustus 2008 | Balas

  36. tampilan baru ni kang….?? makin cakep aj…hehehe….trims uda setia ngajarin saia duinia ngeblog y kang… di tunggu trus ilmu terbarunya…

    Komentar oleh SmilingFaceForABetterSoul | 18 Agustus 2008 | Balas

  37. MERDEKA! kang

    Komentar oleh Indra | 19 Agustus 2008 | Balas

  38. makasi sarannya kang… saya bloger baru. jadi saran akang bener2 ngebantu.

    Komentar oleh VEDANTA | 19 Agustus 2008 | Balas

  39. terima kasih sharing infonya…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

    Komentar oleh faisol | 20 Agustus 2008 | Balas

  40. Kang… Aku mau pasang kotak komentar kayak akang(keren banget nih),tapi…. gak tahu caranya gimana, tolong kasih tahu dimana aku bisa baca postingannya, oh ya kang ngomong-ngmong kalo mau cari topik di blog akang belum ada Search Engine nya, saran aja mohon dikasih Search Enginenya, biar ngampang cari topik yang kita inginkan, terimakasih

    Komentar oleh inorbat | 25 Agustus 2008 | Balas

  41. makasih bnyk, blog anda bnyak membantu saya

    Komentar oleh zulqaalami | 25 Agustus 2008 | Balas

  42. bagus sekali materinya

    Komentar oleh frd | 3 September 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

