Hanya arsip

halaman asli ada di http://kolom-tutorial.blogspot.com

Tutorial HTML (2)

Melanjutkan posting yang terdahulu setelah terselang oleh beberapa artikel tentang blog tutorial maka kali ini saya akan membahas tentang tutorial HTML kembali.Sebelum menginjak kepada topik bahasan ada baiknya para sobat mengikuti bahasan kali ini dengan langsung memfraktekannya agar lebih cepat mengerti. Caranya siapkan terlebih dahulu program notepadnya lalu tuliskan kode HTML seperti dibawah, kemudian apabila telah selesai mempraktekan simpan file tersebut dengan extensi .htm (dot htm). Contoh file : latihan.htm kemudian jalankan dengan internet explorer. silahkan tulis kode-kode berikut :

<html>

<head>

<title>latihan</title>

<body>

Tulis apa-apa yang saya terangkan di sini !

</body>

</html>

 

Kita langsung ke topik bahasan aja ya biar ga bosan.

Elemen dasar HTML

Ada beberapa elemen dasar HTML yaitu :

Elemen Blok Level

Elemen blok level yaitu tingkatan besarnya hurup yang akan di tampilkan pada browser. Elemen blok level yang paling sering di gunakan adalah Heading (h1 sampai h6).Tag heading
ini ini berupa <h1>…</h1> sampai dengan <h6>…</h6>.

Contoh :


<h1>Ini heading 1</h1>

<h2>Ini heading 2</h2>

<h3>Ini heading 3</h3>

<h4>Ini heading 4</h4>

<h5>Ini heading 5</h5>

<h6>Ini heading 6</h6>

Hasilnya akan seperti ini :

Ini heading 1

Ini heading 2

Ini heading 3

Ini heading 4

Ini heading 5

Ini heading 6

Sebenarnya ada cara lain untuk menampilkan berbagai ukuran hurup, yakni memakai
tag <font size="...">.....</font>.

Contoh :

<font size="1">Ini font size 1</font>

<font size="2">Ini font size 2</font>

<font size="3">Ini font size 3</font>

<font size="4">Ini font size 4</font>

<font size="5">Ini font size 5</font>

<font size="6">Ini font size 6</font>

<font size="7">Ini font size 7</font>

Hasil yang akan tampil seperti ini :

Ini font size 1

Ini font size 2

Ini font size 3

Ini font size 4

Ini font size 5

Ini font size 6

Ini font size 7

Itu adalah contoh untuk menampilkan huruf dalam berbagai ukuran.

Untuk kesempatan kali ini, kaya nya udah dulu sobat soalnya belum mandi nih, mo berangkat kerja       hiii…..pantesan dari tadi ada yang bau aneh  

Nantikan seri berikutnya!

21 Mei 2007 - Posted by | Tutorial HTML

8 Komentar »

  1. saya adalah orang yang baru mengenal blog tutorial yang anda berikan sangatlah membantu saya meskipun ada yang kurang sayaengerti

    Komentar oleh hambaly gitu lo | 14 Oktober 2007 | Balas

  2. saya orang baru dalam dunia tutorial…dengan membaca posting anda, saya jadi banyak mengerti.
    tapi saya ada masalah sedikit dengan website saya http://www.sumberpost.com
    masalahnya adalah saya menempatkan iklan aution ads di bagian bawah dan beberapa link pake marquee seperti yang saya baca dari blog anda, tapi kok posisinya kena garis pembatas web yang sebelah kiri…pertanyaan saya, bagaimana caranya saya menampilkan menu link web pake marquee agar tidak kena garis pembatas web dan supaya tampilannya normbal seperti menu-menu lainnya seperti dari menu utama. di mana ada spasi antara garis pembatas web. ini web saya http://www.sumberpost.com

    Komentar oleh Taufik Al Mubarak | 23 Oktober 2007 | Balas

  3. salam kenal mas..
    sebelumnya saya pengan ngasih tau (biar ngga kaget) kalau saya ini netter bego (bego dalam artian sesungguhnya), gimana ga bego kalau nanya begini…
    Mas, aku dah punya domain, web hosting & website template yang udah aku upload ke hostingku. Tp, ketika aku mo upload artikel lagi aku ngga tau gimana caranya nyinkronin halaman baru ma halaman lama. Jadi ketika ngeklik artikel a di main page ntar yang keluar artikel yg baru ku upload gitu. Apa di tag a href nya make format /home/user1234/local_public/nama_halaman
    Udah kucoba tp g bisa..
    Sebelumnya maaf atas ke kebegoan saya mas..

    nb:hostingnya make local host, n website saya codenya HTML

    Komentar oleh abeng | 26 Maret 2008 | Balas

  4. Hi.

    Thanks a lot Kang.
    You are Manusia Pembelajar.
    I got many informations from your Blog.

    Nuhun Pisan.

    Wsslam.

    Komentar oleh hukmi | 5 Juni 2008 | Balas

  5. b itutuuu gambar iconnya keren ……!!!!

    Komentar oleh PUTUS ASA ??? | 7 Juli 2008 | Balas

  6. askum
    kang bagaimana cara menjalankan dengan internet explorer maklum lah orang baru belajar:d

    Komentar oleh zha | 16 Juli 2008 | Balas

  7. terima kasih atas bantuannya…..

    Komentar oleh tiatata | 8 Agustus 2008 | Balas

  8. artikel yang sangat membantu,terutama untuk pemula😉

    Komentar oleh bisnisonline | 28 Agustus 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

